Kenapa Sertifikat
Pelaut Harus Di Revelidasi ? - Mungkin inilah tangapan teman teman di
INDONESIA SEAFARERS COMMUNITTY (FACEBOOK)terhadap kebijakan pemerintah
atau pun dunia akan peraturan tentang sertipikat pelaut yang harus di
perbaharui antara 6 bulan dan 5 tahun.Apa yang kita dapat khususnya para
pelaut dan keuntunganya dan apa yang di dapat pihak perusahaan atau pun
pemerintah dalam hal ini.Semoga saja kita bijak untuk menangapinya.
Franz Corvinus @
Ngak jlas sbnarnya revalidasi itu kalo kita msh aktif cuma ganti kertas
aja..pelaut ini cm diobyekin sm pemerintah dgn adanya macam2 peraturan
yang praturan itu sendiri tidak memihak atau membela pelaut dgn kecilnya
gaji diplayaran merah putih...duit lagi kita kluar buat
revalidasi...makin kaya aja bag yg ngurus itu!!!
GIYAT WARSITO
@ sekedar info revalidasi itu karena adanya stcw 2010 / stcw manila jd
bukan hanya di indonesia di malaysia juga karena negara yg dibawah imo
pasti mengikutin jd bukan salah pemerintah
AJI LAGI LIBURAN
@ all waduh jd bingung,ad dosen di surabaya blg,g prlu reval krn buang2
duit dan tidak akan hilang nama kita dr site pelaut.go.id
Tp sy prnh di tolak d suatu prusahaan krna Bst dan Scrb sy blm d reval
Nah skrang pndapat teman2 ad yg pro ad jg yg contra
Nah tp kl karna stcw manila it yg sy br tau,slama ini or2 blg cm revalidasi krn srtfkat sudah 5thn jd hrs d update,tnp ad data yg congkrit
Tp sy prnh di tolak d suatu prusahaan krna Bst dan Scrb sy blm d reval
Nah skrang pndapat teman2 ad yg pro ad jg yg contra
Nah tp kl karna stcw manila it yg sy br tau,slama ini or2 blg cm revalidasi krn srtfkat sudah 5thn jd hrs d update,tnp ad data yg congkrit
kenapa
ditolak sama company? karna company juga diharuskan oleh IMO bahwa crew
yg bekerja di atas kapal haruslah memilki sertifikat yg sudah
direvalidasi,,g hanya pelautnya aja compeny pun juga kena aturan
IMO,,jadi sertfikat itu mesti d revalidasi,,aturannya ada
Mulyadi Asep @
setahu sya , kalo kita joint di satu company dan terus continue ga
putus2 , habis kontrak sambung dan sambung lagi di company yang sama ga
perlu reval tu bro walaupun ga reval bertahun tahun , cuma masalah nya
kalo kita misal dapat kesempatan can yang lebih bagus saat kita pindah ,
pasti company baru itu menuntut untuk di revalidasi , dan juga bagi
kawan2 pelaut yang sudah nganggur lama lebih dari 1 atau 2 tahun dan
sertifikat nya dah lewat masa tenggang revalidasi ( 5 tahun masa
tenggang) wajib merevalidasi ,,,
AJIE LAGI LIBURAN@all owh gt y jd bkn seaman nya aj yg hrs update company jg hrs update
Kl d blg kt sdah krj d suatu prusahaan brthun2 tdk hrs reval,tp knp tmn sy d off krn srtfktnya hrs d reval dan krn kpl urgent mau brngkt tmn sy it trpksb resign
Kyknya pemerintah khususnya prhubungan laut blm trsosialisakin kan dng baik ni msalah reval,bktinya ad compani yg trima n g trima mslah reval ini,ad yg tanggap ad jg yg cuek aj
Tp it lah knyataannya d negra kt ini msh blm d standarisasi,trahir sy d cnmpany singapur mereka g mempermasalahkan tp bnyk jg kbr burung yg blg kl g d reval srtifkat akan hilang
Mknnya sy tnya pndapat tmn2 semua dng pngalaman kt yg berbeda2 mungkin jd ad masukan yg positif
MAJU TERUS PELAUT INDONESIA
Kl d blg kt sdah krj d suatu prusahaan brthun2 tdk hrs reval,tp knp tmn sy d off krn srtfktnya hrs d reval dan krn kpl urgent mau brngkt tmn sy it trpksb resign
Kyknya pemerintah khususnya prhubungan laut blm trsosialisakin kan dng baik ni msalah reval,bktinya ad compani yg trima n g trima mslah reval ini,ad yg tanggap ad jg yg cuek aj
Tp it lah knyataannya d negra kt ini msh blm d standarisasi,trahir sy d cnmpany singapur mereka g mempermasalahkan tp bnyk jg kbr burung yg blg kl g d reval srtifkat akan hilang
Mknnya sy tnya pndapat tmn2 semua dng pngalaman kt yg berbeda2 mungkin jd ad masukan yg positif
MAJU TERUS PELAUT INDONESIA
Toni Lung @itulah
makanya ,,compeny pun juga diharuskan oleh IMO bahwa crew yg bekerja
diperusahaanya memilki stfkat yg sdh d revalidasi,, karna pada akhirnya
pelaut itu sendiri yg susah jika stfkatnya tidak update,,
REPOT JUGA KAN JIKA KAPAL SUDAH URGENT MAU BERANGKAT ,,MALAH DISURUH RESIGN GARA2 SERTFKAT BLUM UP DATE/??? intinya slama masih ingin kerja dilaut,,serfikate harus di UPDATE kalo sudah mendekati USIA UDHZUR...
REPOT JUGA KAN JIKA KAPAL SUDAH URGENT MAU BERANGKAT ,,MALAH DISURUH RESIGN GARA2 SERTFKAT BLUM UP DATE/??? intinya slama masih ingin kerja dilaut,,serfikate harus di UPDATE kalo sudah mendekati USIA UDHZUR...
Jika kpl nya g masuk daftar IMO apakah harus reval juga?ada juga kpl IMO modal passport aja bisa masuk kerja
itulah komentar dari teman teman'
Terima kasih untuk berkunjung di blog saya yang serba kekurangan dan tidak lepas dari kekeliruan semoga apa yang saya tulis bermanfaat bagi anda sahabat pelaut semua dan saya sekali lagi berterima kasih kalau anda mau mengikuti blog saya dengan mengklik ikuti blog saya pada halaman sebelah kanan dan memberi masukan lewat komentar serta memberi saya masukan artikel atau tulisan lewat email saya ridwanborneos@gmail.com dan facebook saya di ridwan pontianak yang juga di sediakan link langsung di samping halaman blog.akhir kata semoga bermanfaat dan sukses slalu buat anda ...amin
itulah komentar dari teman teman'
Terima kasih untuk berkunjung di blog saya yang serba kekurangan dan tidak lepas dari kekeliruan semoga apa yang saya tulis bermanfaat bagi anda sahabat pelaut semua dan saya sekali lagi berterima kasih kalau anda mau mengikuti blog saya dengan mengklik ikuti blog saya pada halaman sebelah kanan dan memberi masukan lewat komentar serta memberi saya masukan artikel atau tulisan lewat email saya ridwanborneos@gmail.com dan facebook saya di ridwan pontianak yang juga di sediakan link langsung di samping halaman blog.akhir kata semoga bermanfaat dan sukses slalu buat anda ...amin
Hehehehe numpang ketawa boleh gk,,, masalah amandemen manila neh,, peraturan pelaut indonesia di samakan dengan org luar, tapi skill pelaut indonesia berubah juga gk ky' org philipines. Aku kadang heran dan kasian liat perwira indonesia yg punya ijazah tinggi tapi bahasa english nothing, kenapa ya,, sapa yang salah neh,,, sekolah pelayaran atw pemerintah ?? Trus klo sistem di sekolah uda di perbaiki, dan semua perwirah pelaut indonesia uda bisa english, skill juga uda bagus, apa pemerintah siapin lapangan kerja yang layak seperti pelaut philipines???
BalasHapuscan you show it to them? not only talk
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapussudah skian lama saya revalidasi sertifikat gak kunjung keluar....gimana solusinya padahal saya sudah hampir 2 tahun menganggur....dan ini terjun kelaut lgi dan mengikuti peraturan'' dephup kok dipersulit seperti in,jdi mohon bantuan nya all..
BalasHapusbhs inggris orang indonesia tidak bisa lah disamakan dengan bahasa inggrisnya orang philipines. karena di philipines itu untuk bahasa sehari-harinya adalah bahasa inggris dan bahasa tradisional, anak kecil umuran 3tahun saja bahasa inggris nya lancar. kalau mau orang indonesia lancar bahasa inggris, ajukan saja ke pemerintah peraturan bahasa inggris wajib di gunakan untuk bahasa sehari-hari, pasti orang indonesia juga lacar bahasa inggrisnya, jadi yang namanya IJAZAH itu tak menjamin untuk keahlian seseorang, ijazah hanyalah FORMALITAS saja, contohnya saja saya punya perwira di kapal dia lulusan akademi, dan skrng sudah punya ijazah class 2, tapi apa ? untuk bongkar mesin kompresor aja dia tak bisa.
BalasHapusYg gk bs inggris ya cukup di indo aj....
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusDan mau nanya ni.....untuk antd apa perlu di updating
HapusDitempat saya kerja gak mewajibkan reval tapi yang mewajibakan reval adalah para pol air ...angkatan laut ....cost guard yang suka naik2 periksa kapal klu gak reval langsung denda ditempat ....jadi bingung yang mana yang berwenang
BalasHapusDitempat saya kerja gak mewajibkan reval tapi yang mewajibakan reval adalah para pol air ...angkatan laut ....cost guard yang suka naik2 periksa kapal klu gak reval langsung denda ditempat ....jadi bingung yang mana yang berwenang
BalasHapusYang jadi permasalahan knpa kita di tuntut untuk bersertifikat standar IMO sedangkan company memberi gaji belum standar IMO.
BalasHapusYang jadi permasalahan knpa kita di tuntut untuk bersertifikat standar IMO sedangkan company memberi gaji belum standar IMO.
BalasHapusYang jadi permasalahan knpa kita di tuntut untuk bersertifikat standar IMO sedangkan company memberi gaji belum standar IMO.
BalasHapusBgaimn dngan sertifikat yang sudh kadaluarsa? Apakah bisa d reval atau hrus ngulang lagi dr awal?
BalasHapusBgaimn dngan sertifikat yang sudh kadaluarsa? Apakah bisa d reval atau hrus ngulang lagi dr awal?
BalasHapusizin tanya senior saya mau tanya kan disitus cek sertifikat dan ijasah yg baru skrg kan masukin kode pelaut yg kluar bst sama ijasah tertinggi kita. dan ijasah saya ijsah v tp kenapa yg keluar bsat sama ijasah dasar saya.sdngkan endos ijasah v saya online bingung mau komplen kemana
BalasHapusizin tanya senior saya mau tanya kan disitus cek sertifikat dan ijasah yg baru skrg kan masukin kode pelaut yg kluar bst sama ijasah tertinggi kita. dan ijasah saya ijsah v tp kenapa yg keluar bsat sama ijasah dasar saya.sdngkan endos ijasah v saya online bingung mau komplen kemana
BalasHapusStandar imo kan sudah termasuk atandar international ...dan rata rata pekerja laut indonesia di wajibkan untuk punya itu..melalui agen agen penyalur di indonesia..masalah nya mereka membayar gaji dengan standar indonesia..bukan kan kalau kita memiliki sertivicate standar international kita harus menerima gaji juga standar international bukan standar national
BalasHapusyang benar itu utk kls 5 tidak perlu semua sertifikat di ambil... toh juga tidak di pergunakan... hanya untuk pelengkap persyaratan aja... lagi pula kls 5 juga lokal aja... klo kls 4 keatas bolehlah... karna yg di akui di 1-4 ja di luar. tp karna pemerintah mau uang bnyak terutama tu dedengkot deperla... ya semua di wajibkan...
BalasHapusIkut komentar ahhh.... biasanya kalau orang gak ngerti tentang peraturan ngomongnya akan lebih kencang dang ngawur...
BalasHapusbiar gak tersesat kita harus mengacunya berdasarkan peraturan jangan berdasarkan pengalaman berlayar atau pengalaman dikapal masing-masing, apalagi kalau mengacu ke katanya - katanya yang sumbernya gak jelas. ujung-ujungnya cuma bisa nyalahin Perhubunganlah atau lembaga diklatlah..
Berkaitan dengan revalidasi silahkan baca SCTW as amandements,Regulation I/II Revalidation of certificates hal 30 dan Table B-I/2 List of certification or documentary evidence required under the STCW Convention Hal 280. dan masih banyak peraturan kementerian perhubungan yang lainya.
Semoga bermanfaat
Sertifikat yg biasax perlu di reval itu apa saja ya gan,,,,Bst (5thn) , SAT...?, Ccm...??, stcrb..? Tolong di jawab y gan
BalasHapus