Mau jadi pelaut anda harus simak dan pelajari ini agar tidak menyesal di kemudian hari sehingga uang waktu dan sertifikat anda tidak sia sia.Mendengar kata pelaut di mana pun dan kapanmu pasti bayanganya harta dan uang gaji yang banyak dan menjanjikan masa depan yang cerah dan baik..yupz tidak semua benar tidak juga semua salah karna pelaut bagai mata uang kertas 500 jaman dahulu disisi satunya kehidupan yang layak tapi di balikan kertas yang satu ada gambar monyetnya.bukan menyalahkan monyet tapi kehidupan seperti monyet mencari makan hari ini tidak bisa buat besok.tapi gemerlapan dunia pelaut dan kesuksesan juga banyak..simak yah sahabat.
Jadi pelaut dulu gampang karna belum ada nya tantangan baik banyaknya saingan pekerjaan dan ulah orang kantor pelayaran yang ikut tipa tipu belum lagi sertifikat yg mahal serta oknum dari pemerintah maupun badan diklat yang mau untung dan memperkaya diri sendiri dengan berbagai usaha yang kadang membuat pelaut mengelus dada.Nah kalau mau jadi pelaut otodidak tidak perlu ijasah umum yang tinggi.setara smp atau paket b pun bisa asal banyak relasi.sertipikat penunjang dan kesabaran serta keuletan kalau bicara usia masih bolehlah di bawah 30 tahun dan diatas 18 tahun. Adapun jabatan2 dikapal yang saya pahami sesuai dengan pengalaman saya yang hanya sebagai pelaut otodidak emang kurang dari senior2 lain tapi bolehlah saya coba sedikit buat yang lagi mau merintis.
Jabatan tertinggi :
NAKHODA ATAU KAPTEN
DIbagian deck atau nautica :
Mualim satu / chief Officer
Mualim dua / second Officer
Dan biasa pake mualim 3 dan 4 dikapal besar
Ada bosun kepala kerja
Ada 4 Orang juru mudi
Ada kelasi
Plontir deck dan mesin
Dibagian mesin
Ada kepala kamar mesin / kkm
Atau masinis satu
Masinis 2 dan masinis 3
Juga biasa pake oiler atau juru mesin.
Dibagian dapur
Koki dan pelayan
Mualim dan masinis di sebut perwira deck dan engine
Juru mudi dan oiler di sebut / Rating
Kelasi disebut tenaga bantu
Plontir tenaga honorer
Adapun susunan sertipikat ;
Punya BST dan Buku pelaut
Posisi kerja :
Klasi . Plontir . Koki
Kerja kapal .Togbout . Kargo kecil . Lct .Spob . Kapal pesiar di tambah ijasah perhotelan buat koki
Jadi Abk baik juru mudi atau oiler buat kapal kargo kecil di pelabuhan sunda kelapa jakarta maupun di tanjung perak surabaya.
Punya sertifikat ;
Bst.Aff.Meffa.Sat.Sdsd.Pscrb.Rating Dasar.
Bisa jadi Abk ( anak buah kapal )
Di Kargo.Lct.Togbout.Container.Pelni atau kapal fery penyeberangan.Pesiar .penumpang
Supplay..tangker.kapal cepat.kapal pengeboran di tambah sertifikat lainya seperti bosed..bolct.Tf
Jangan lupa fasfort kalau keluar planet mars.
Punya ijasah di atas di tambah AntV atau AttV :
Biaa jadi kapten atau kkm di kapal kargo gt kecil .Kapal tagbout .Lct .pastinya yg di restui perusahaan.
Bisa jadi mualim satu dan dua
Masinis satu dan dua
Abk kapal besar di luar negeri
Punya ant / att 4 atau 3
Jangkauan kerja anda semangkin luas.
Kalau pembaca ada yg lebih paham silahkan di tambah..saya coba berbagi dan bagi anda pelaut pemula. silahkan klik disini kelanjutan apa dan bagaimana anda lakukan buat jadi pelaut dan wajib di baca.
kalau mau tau berapa biaya keseluruhan dan waktunya silahkan klik di sini
kalau mau tau berapa biaya keseluruhan dan waktunya silahkan klik di sini
Mempunyai sertifikat pelaut bukan berarti anda bisa mendapatkan kerja dengan mudah karna sama anda mempunyai ijasah sma dan harus memasukan lamaran kesana kemari .untung2 anda punya relasi yg mau membimbing dan mencarikan kerja atau ada keluarga yang pelaut.makanya berpikirlah sebelum menjadi pelaut.
Dan kalau anda memakai jasa broker silahkan klik link tautan di bawah ini untuk menjaga agar anda tidak ditipu..wajib di baca.klik DISINI
(Y)
BalasHapus