Minggu, 06 September 2015

Posisi Pekerjaan Dan Jabatan Di OFFSHORE Fart III

1.  Assistant Electrician : membantu pekerjaan Electrician.

2. Subsea Engineer : bekerjanya di Floating Rig (semi submersible, drillship), bertanggung jawab atas Subsea BOP. Mulai dari perawatan BOP & panel-panelnya, serta persiapan cabut pasang Subsea BOP.

3.  Assistant Subsea Engineer : membantu pekerjaan Subsea Engineer.

4. Warehouseman : tempat bekerjanya di Warehouse, melayani kebutuhan kru jika memerlukan penggantian barang-barang/suku cadang peralatan Rig, mengorder barang-barang kepada vendor dan lain2.




5. Material Man : biasanya bekerja untuk Oil Company, mempersiapkan segala peralatan & material yang akan dipakai dalam pengeboran. Bekerjasama dengan Service Company untuk mendatangkan/memulangkan peralatan mereka yang akan/sudah dipakai ke/dari Rig.

6. Welder : bertanggung jawab dengan pekerjaan di Rig yang berhubungan dengan pengelasan.

7. Fire Watcher : membantu pekerjaan Welder, terutama waktu mengerjakan di lokasi2 yang berbahaya.

8. Medic/Doctor : bertanggung jawab atas kesehatan seluruh kru dan semua peralatan klinik.

9. Radio Operator : bekerjanya di Radio Room, bertanggung jawab atas komunikasi Rig dengan kota, boat dan Pilot Helikopter. Memperisiapkan crew change list dan lain-lain.

10. Catering crew : mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan makanan, akomodasi dan lain-lain. Biasanya terdiri dari : Campboss, Steward, Cook, Bakery, Laundryman, Roomboy, Messboy, Warehouseman.

11. Dispatcher : bertugas mengatur kamar kru dan mendaftar siapa yang akan pulang/datang ke Rig.

12. Carpenter : dia bertanggung jawab pada pembuatan & perawatan peralatan selain barang-barang mekanik/elektrik.

Selain posisi-posisi di atas, masih banyak posisi di Rig yang biasanya dilakukan oleh Service Company dan namanya disesuaikan dengan alat yang dipasang/dijalankannya. Di antaranya :

13. Sample Catcher : mengambil cutting dari sumur di Shale Shaker untuk dianalisa oleh Mud Logger, mengepaknya untuk dikirim ke kota dan lain-lain.

14. Geologist : menganalisa cutting yang ke luar dari lubang sumur dan menginformasikan ke kota, membaca logging dari MWD/LWD monitor dan mengusulkan kepada Company Man/Woman, kapan sebaiknya berhenti mengebor. Waktu Wireline Logging, bekerja sama dengan Engineer-nya untuk membaca log.

15. DD (Directional Driller) : membantu Co.Man untuk mengebor lubang berarah (directional) maupun horizontal.

16. MWD/LWD Engineer : bekerjasama dengan DD untuk melakukan pengeboran berarah, menyajikan data-data lubang yang baru dibor dan lain2.

17. RPS (Radioactive Protection Supervisor) : bekerjasama dengan MWD/LWD Engineer menyiapkan radioaktif jika peralatan yang untuk mengebor memerlukannya.

18.  Gyro Engineer : bekerjasama dengan DD untuk melakukan survey di dalam casing, terutama waktu mau melakukan kick-off di atas anjungan yang banyak sumurnya (cluster well),agar tidak menabrak (collided) sumur yang lain, terutama dengan sumur yang baru berproduksi/mengalir (live well)

19.  Coring Engineer : bertugas untuk menyiapkan & melakukan "coring operation", mengepaknya untuk dikirim & dianalisa di kota.

20,  Logging Engineer : bekerja di Wireline Logging Unit beserta krunya. Lingkup kerjanya luas sekali , diantaranya melakukan pembacaan data formasi lubang yang sudah dibor, mengambil sampel minyak mentah, melakukan perforasi casing/liner, memotong string kalau stuck, running Gyro, Bridge Plug dan masih banyak lagi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar