Minggu, 06 September 2015

Posisi Pekerjaan Dan Jabatan DI Offshore Bagian IV

1. Slickline Engineer : biasanya melakukan pekerjaan setelah completion string terpasang dalam sumur. Memastikan bahwa semua peralatan pada completion string berfungsi dengan semestinya.

2. Slickline Operator : membantu Slick Engineer menjalankan unit Slickline.

3. ROV Engineer : biasanya bekerja di floating Rig (semisubmersible & drillship), mempersiapkan robot ROV (Remotely Opearted Vehicle) untuk melihat sikon di dasar laut, membantu pemasangan Subsea BOP, memonitor waktu melakukan "Jetting operation" dan lain-lain.




4. DSV Engineer : kalau pada completion string dipasang DSV, biasanya dia yang mempersiapkan & memasangnya.

5. Packer Engineer : mempersiapkan & memasang packer pada casing string.

6. Coil Tubing Engineer : bertanggung jawab pada Coil Tubing operation.

7. Coil Tubing Operator : membantu Coil Tubing Engineer mempersiapkan & menjalankan unit Coil Tubing.

8. Well Tester Engineer : melakukan pengetesan sumur, untuk mengetahui kandungan gas/minyak dari sumur.

9. Whipstock Engineer : kalau sumur akan dibelokkan (sidetrack) dari dalam casing, dia bertanggung jawab mempersiapkan Whipstock dan bekerjasama dengan DD/MWD untuk mengeset arah Whipstock dan kemudian melakukan pemotongan casing (open window) dengan milling.

10. RBOP Engineer : kalau mengebor sumur underbalance, biasanya memakai Rotating BOP. Tugas RBOP Engineer beserta kru-nya untuk mempersiapkan dan memasang RBOP. Dan memonitor tekanan sumur sewaktu menyambung pipa & melakukan pengeboran.

11.H2S Engineer : kalau akan mengebor di lapangan minyak yang diperkirakan banyak mengandung gas beracun H2S, biasanya dia bertanggungjawab mempersiapkan semua peralatan yang berhubungan dengan H2S : detektor di tempat-tempat yang strategis, masker2 H2S, escape pack, Oksigen cascade hoses dan lain-lain. Juga memberi training kepada semua kru yang berada di atas Rig.

12. Tool Inspector : tugasnya melakukan inspeksi semua peralatan rig, baik pipa bor, Drill collar, lifting gear dan lain-lain. Kemudian memberi "color code" sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Rig.

13. Rig Mover : biasanya datang kalau Rig akan berpindah lokasi. Dia bertanggungjawab untuk memindah Rig sesuai dengan lokasi yang ditentukan dengan aman.

14. Surveyor crew : biasanya datang kalau Rig akan pindah. Dengan peralatannya dibantu satelit, mereka memastikan bahwa Rig berpindah ke lokasi yang ditentukan.

15.  Insurance Officer : biasanya datang kalau Rig akan berpindah lokasi. Dia menyarankan untuk bisa pindah atau tidak, sesuai dengan sikon cuaca, tinggi gelombang laut dan lain-lain, demi keselamatan Rig beserta kru-nya.

16. Liaison Officer : dia wakil dari Pemerintah Indonesia, biasanya dari Angkatan Laut/Marinir. Bertanggungjawab agar Rig beroperasi dengan aman tanpa gangguan dari penduduk/nelayan sekitar. Mendamaikan kalau ada persengketaan antara kru. Memonitor pekerja-pekerja asing yang berada di Rig. Sebagai Inspektur kalau ada upacara memperingati hari ulang tahun Kemerdekaan 17 Agustus.

17. Diver : melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan penyelaman di dalam air.

18. Seismic survey Engineer : biasanya melakukan survey seismik di kapal khusus untuk melakukan pemetaan lokasi yang akan dibor.

19. Well killer : tugasnya mengatasi & mematikan kalau ada sumur blow out.

20. Optimization Engineer : membantu tugas CompanyMan/Woman agar semua pekerjaan di Rig sesuai dengan program dari Drilling Superintendent & memastikan agar semua Service Company harus betul2 siap melaksanakan tugasnya.

21. Snubbing Engineer : bertanggungjawab pada snubbing operation

22. Snubbing Operator : membantu Snubbing Engineer dalam mempersiapkan & menjalankan Snubbing unit.

23. MPD Engineer : bertanggung jawab dalam UBD operation

24. Casing Drilling Engineer : bekerja sama dengan DD & Casing crew, dia melakukan Casing Drilling operation

Di Rig darat ada beberapa posisi yang tidak kita temui di offshore :

25. Rig Manager : fungsi & tanggungjawabnya seperti OIM di offshore

26. Truck pusher : biasanya bertanggung jawab dalam pemindahan Rig dari satu lokasi ke lokasi berikutnya. Melakukan survey route jalan yang akan dilalui konvoi, sehingga tidak ada gangguan dari lingkungannya.

27. Clerk : membantu CompanyMan dalam menyusun laporan harian.

28. Driver : bertugas untuk mengantar/menjemput kru atau personnel Service Company ke/dari Rig.

29. Mud Cop : kerjanya mengawasi pembuangan cutting pengeboran, agar tidak terjadi tumpahan minyak atau lumpur saat melakukan pemindahan lumpur...


Di anjungan produksi juga terdapat berbagai posisi sesuai dengan tugas & tanggung jawab masing2. Mungkin masih ada beberapa posisi yang belum disebutkan di atas? Silakan ditambah terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar